STUDI KOMPARATIF PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM DITINJAU DARI UU NO.2 TAHUN 2012 TENTANG PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM DENGAN UU NO. 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA

ELISA, SETIAWATI (2022) STUDI KOMPARATIF PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM DITINJAU DARI UU NO.2 TAHUN 2012 TENTANG PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM DENGAN UU NO. 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regulasi pengadaan tanah untuk kepentingan umum menurut Undang-Undang No. 2 Tahun 2012 dengan pasca berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan perbandingan. Hasil penelitian adalah bahwa selain dari Pasal-Pasal yang diubah, ketentuan dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 2012 masih berlaku dan mengikat. Revisi terhadap Pasal-Pasal ini menunjukkan bahwa Undang- Undang Cipta Kerja mempermudah proses Pengadaan Tanah, dan berfokus pada pengadaan tanah untuk pembangunan Proyek Strategi Nasional. Dengan dalih untuk kepentingan umum, Pemerintah dengan mudah dapat mengambil alih tanah-tanah masyarakat. Mempermudah alih fungsi tanah akan merugikan masyarakat, apalagi jika tanah tersebut merupakan lahan-lahan produktif yang digunakan sebagai sumber pencaharian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengadaan Tanah, Kepentingan Umum, Cipta Kerja
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2022 23:59
Last Modified: 31 Aug 2022 23:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31358

Actions (login required)

View Item View Item