KUALITAS FISIK DAN NILAI ORGANOLEPTIK DODOL SUSU KERBAU DENGAN PENAMBAHAN BERBAGAI LEVEL JAGUNG MANIS (Zea mays saccharate)

SITI, NURBAYA (2022) KUALITAS FISIK DAN NILAI ORGANOLEPTIK DODOL SUSU KERBAU DENGAN PENAMBAHAN BERBAGAI LEVEL JAGUNG MANIS (Zea mays saccharate). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-SITI NURBAYA (PEMBUATAN DODOL SUSU KERBAU).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan berbagai level sari jagung manis terhadap kualitas fisik dan nilai organoleptik dodol susu kerbau. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022 di Laboratorium Teknlogi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan adalah susu kerbau yang diambil dari Desa Lamunga Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat dan sari jagung manis yang diambil dari pasar Pagesangan Timur, Mataram. Parameter yang diamati meliputi pH, rendemen, daya putus, daya ikat air, warna, aroma, rasa, tekstur, kekenyalan dan kesukaan. Rancangan percoban yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan dengan konsentrasi 0%, 20%, 30% dan 40%. Analisis data yang digunakan yaitu analysis of varian (ANOVA) pada taraf signifikan 5% dan diuji lanjut menggunakan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dodol susu dengan penambahan sari jagung manis memberi pengaruh nyata (P˂0,05) terhadap nilai pH, daya putus, rendemen, rasa, warna, aroma, tekstur dan kekenyalan, namun tidak memberi pengaruh nyata (P˃0,05) terhadap nilai daya ikat air (DIA) dan kesukaan. pH terbaik terdapat pada perlakuan 20% dengan rata-rata (5,40), rendemen pada perlakuan 40% (23,72), daya putus pada perlakuan 20% (0,012) dan daya ikat air pada perlakuan 40% (7,23). Tingkat kesukaan terhadap warna terdapat pada level 30% nilai rata-rata 7,00 (terang), aroma level 40% dengan nilai rata-rata 7,21 (sedap), rasa level 40% dengan nilai rata-rata 6,73 (enak), dan tekstur level 0% dengan nilai rata-rata 7,14 (lembut), kekenyalan level 0% dengan rata-rata 7,34 (kenyal) dan kesukaan level 0% nilai rata-rata 6,00 (suka)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jagung manis, dodol susu, kualitas fisik, organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2022 23:59
Last Modified: 31 Aug 2022 23:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31359

Actions (login required)

View Item View Item