PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

FITROTUL, JAMIL (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Fitrotul Jamil_E1Q018027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop) dan tahap penyebaran (Disseminate). Perangkat pembebelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKPD dan instrumen soal. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar validasi dan instrumen soal kemampuan problem solving. Validitas produk dinilai oleh tiga validator ahli dan 3 validator praktisi, dianalisis menggunakan skala likert, Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Index (CVI). Efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas dikelas XI MIPA 5 kemudian hasilnya dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil validitas CVI bernilai 1 untuk keseluruhan produk yang dikembangkan menunjukkan produk perangkat pembelajaran dalam kategori sangat baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis reliabilitas menggunakan perhitangan Percentage Agrement (PA) dari produk yang dikembangkan yakni silabus bernilai 99,07%, RPP bernilai 98,61%, LKPD bernilai 97,94%, instrumen tes bernilai 96,69%. Hasil reliabilitas menunjukkan keseluruhan nilai aspek yang dinilai memiliki nilai PA diatas 75 % dapat dikatakan pada kategori reliabel. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,58 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik pada materi gelombang bunyi layak dan efektif

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, problem solving, gelombang bunyi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2022 00:00
Last Modified: 01 Sep 2022 00:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31361

Actions (login required)

View Item View Item