PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DAN ANALISIS PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMEN DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 2 TALIWANG -SUMBAWA BARAT

SEPRIANINGSIH, DEWI (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DAN ANALISIS PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMEN DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 2 TALIWANG -SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS DEWI S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berargumen merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk membangun keterampilan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakanperangkat pembelajaran berbasis inkuri dan untuk menganalisis efektivitas terhadap kemampuan berargumen dan penguasaan konsep biologi siswa di SMAN 2 Taliwang Sumbawa Barat.Penelitan ini tergolong dalam jenis penelitian pengembangan. PPBIT yang dikembangkan mengacu pada model 4D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKITS, dan Instrumen kemampuan berargumen dan penguasaan konsep biologi.Karakteristik dari pengembangan perangkat kegiatan pembelajaran menggunakan sintak inkuiri terbimbing, dan mengembangkan materi standar dilengkapi dengan LKITS.Hasil pengembangan dilakukan dengan dua tahap.Tahap pertamayaitu uji validasi ahli dan uji lapangan, dan tahap kedua yaitu uji hasil eksperimen. Rancangan penelitian dalam penelitan ini menggunakanpretes posttes control group desain. Populasi penelitian berjumlah 98 siswa tersebar kedalam tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas X1 dan X3 sebagai sampel, dengan jumlah siswa sebanyak 66 orang. Hasil validasi menunjukkan bahwa PPBIT layak digunakan dengan presentase kelayakan silabus 78.71%, RPP sebesar 83.5%, LKITS sebesar 75%, Instrumen Kemampuan Berargumen sebesar 80.25% dan Instrumen Penguasaan Konsep sebesar 81.25%, penerapan PPBIT efektif dalam meningkatkan kemampuan berargumen dan penguasaan konsep biologi siswa SMA Negeri 2 Taliwang-KSB Kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015 pada materi pencemaran lingkungan dan daur ulang limbah denganskor rata-rata siswa yang belajar PPBIT kemampuan berargumen adalah 85,08 dari 48.22 dan penguasaan konsep adalah 94,09 dari 51.82

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PPBIT, Argumen, Konsep Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:21
Last Modified: 25 Apr 2018 07:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item