PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK ATAS TANAH SECARA SPORADIK BERDASARKAN PIPIL SEBAGAI BUKTI ( Studi Di Kantor Badan Pertanahan Nasional Lombok Timur)

I GUSTI AYU DEWI, UTTARI MATAS (2022) PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK ATAS TANAH SECARA SPORADIK BERDASARKAN PIPIL SEBAGAI BUKTI ( Studi Di Kantor Badan Pertanahan Nasional Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI I GUSTI AYU DEWI UTTARI MATAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaans pendaftaran hak atas tanah secara sporadik dengan pipil sebagai bukti serta mengetahui apakah pipil sudah dipandang cukup sebagai bukti dalam proses pelaksaan pendaftaran tanah secara sporadik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa proses pelaksanaan pendaftaran hak atas tanah secara sporadik berdasarkan pipil sebagai bukti dalam menciptakan kepastian hukum meliputi, pipil itu sendiri telah ada atas pemilik nama siapa, kemudian dilampirkan KTP, Slip pembayaran pajak terbaru, dan kartu keluarga kesemuanya dijadikan dalam satu (1) berkas, setelah berkas selesai, si pemohon dapat mengambil blanko proses pipil dari notaris atau BPN. Kemudian diketik sesuai identitas setelah selesai lalu dikembalikan ke kelurahan/ perangkat desa, selanjutnya dari pihak kelurahan akan dicek kebenarannya, setelah kebenarannya di cek dan sudah dapat dipastikan dilanjutkan dengan meminta tanda tangan ke kepala desa atau lurah atau pemerintahan desa, diberi nomor dan diberi tahu asal-usul tanahnya, setelah pipil selesai baru bisa didaftarkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendaftaran, Hak Atas Tanah, Pipil, Bukti
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:36
Last Modified: 01 Sep 2022 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31398

Actions (login required)

View Item View Item