HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT STRES SELAMA PERKULIAHAN JARAK JAUH PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MATARAM

Lalu Wisnu R, Danu Ningrat (2022) HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT STRES SELAMA PERKULIAHAN JARAK JAUH PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi Lalu Wisnu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)

Abstract

Latar belakang: Dunia saat ini sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19. World Health Organization (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global sejak 11 maret 2020 hingga saat ini. Salah satu bentuk upaya pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran yang menyatakan agar seluruh kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun perguruan tinggi menggunakan metode dalam jaringan (daring) atau online. Masalah mental seperti stres kecemasan bahkan depresi semakin meningkat di masa pandemi ini kemudian Penyesuaian diri untuk mengatasi masalah stres dilakukan dengan mekanisme koping Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pengambilan data secara cross-sectional. kuesioner yang digunakan adalah Medical Student Stressor Questionnaire (MSSQ) untuk tingkat stres dan Brief Cope Inventory untuk mekanisme koping. Hasil : Didapatkan hasil bahwa dari 188 responden, mahasiswa yang mengalami stres sedang memiliki persentase paling besar yaitu sebanyak 50,5% (95 orang), Selain itu didapatkan mekanisme koping yang paling banyak digunakan adalah Emotion Focused Coping yakni sebanyak 144 orang (76,6%) sedangkan yang memilih Problem Focused Coping sebanyak 44 orang ( 23,4%). Berdasarkan uji statistik yang dilakukan yakni menggunakan Chi-Square didapatkan nilai p sebesar 0,01, artinya (p< 0,05) hal ini menyatakan terdapat hubungan antara mekanisme koping dengan tingkat stres selama perkuliahan jarak jauh pada mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,22 dimana hal tersebut menunjukkan hubungan korelasi yang sangat lemah. Simpulan : Pada mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Angkatan 2018 dan 2019 yang telah melaksanakan sistem pembelajaran jarak jauh sebagian besar responden mengalami stres dengan tingkat sedang dan lebih banyak menggunakan Emotion Focused Coping

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tingkat Stres, Mekanisme Koping, PJJ
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:36
Last Modified: 01 Sep 2022 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31399

Actions (login required)

View Item View Item