PRAPERADILAN DALAM PENETAPAN TERSANGKA PENADAHAN (Studi Kasus Putusan Praperadilan NO.2/PID.PRA/2019/PNJMB di Pengadilan Negeri Jambi)

THERESIA PUTRI, NOVIANI KONI (2022) PRAPERADILAN DALAM PENETAPAN TERSANGKA PENADAHAN (Studi Kasus Putusan Praperadilan NO.2/PID.PRA/2019/PNJMB di Pengadilan Negeri Jambi). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Putri - revisi semtup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah penangkapan yang dilakukan oleh pihak berwajib dalam hal ini adalah Kepolisian Sektor Kota Baru sudah sesuai prosedur yang berlaku atau tidak, hal ini dikarenakan sering terjadi penangkapan yang dilakukan tidak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dimana permasalahan dari penelitian ini adalah dasar pertimbangan hakim dalam memutuskan suatu perkara Praperadilan dan isi putusan hakim dalam putusan nomor 2/Pid.Pra/2019/PNJMB, Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam memutuskan suatu perkara Praperadilan dan isi putusan hakim dalam putusan nomor 2/Pid.Pra/2019/PNJMB. Penelitian ini menggunakan metode yaitu pendekatan perundang-undangan (statute approach). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Penerapan hukum pidana formil terhadap tindak pidana penangkapan dalam kasus penadahan dalam perkara putusan 2/Pid.Pra/2019/PNJMB yang didasarkan pada dalil-dalil dan fakta hukum yang disampaikan oleh para pemohon dan termohon dalam persidangan. Selain itu juga didasarkan pada pertimbangan yuridis yang dilakukan oleh hakim setelah melakukan persidangan. (2) Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan dalam perkara putusan nomor 2/Pid.Pra/2019/PNJMB, yakni dengan terlebih dahulu mempertimbangkan fakta-fakta dan dalil-dalil yang disampaikan oleh Pemohon dan Termohon dalam persidangan yang merupakan kesimpulan komulatif dari keterangan Pemohon dan Termohon. Oleh karena itu hakim memutusakan permohonan praperadilan yang dimohonkan oleh Pemohon belum beralasan untuk dikabulkan, menolak permohonan praperadilan yang dimajukan oleh Pemohon untuk seluruhnya, membebankan biaya perkara kepada negara sejumlah nihil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Praperadilan, Penangkapan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:36
Last Modified: 01 Sep 2022 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31400

Actions (login required)

View Item View Item