PERBANDINGAN KARAKTER AGRONOMIS DAN MORFOLOGIS EMPAT GALUR KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) YANG DITANAM MENGGUNAKAN SISTEM BUDIDAYA BARIS TUNGGAL DAN BARIS GANDA

Hawani, Wisna (2022) PERBANDINGAN KARAKTER AGRONOMIS DAN MORFOLOGIS EMPAT GALUR KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) YANG DITANAM MENGGUNAKAN SISTEM BUDIDAYA BARIS TUNGGAL DAN BARIS GANDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Hawani Wisna .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan karakter agronomis dan morfologis empat galur kacang tanah (Arachis hypogaea L) yang ditanam menggunakan sistem budidaya baris tunggal dan baris ganda. Penelitian dilaksanakan di lahan sawah Desa Duman, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat pada bulan April sampai bulan Juni 2021. Percobaan dilaksanakan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok-Split plot dengan dua faktor, faktor petak utama adalah pola baris yang terdiri dari dua aras yaitu baris tunggal dan baris ganda dan faktor anak petak yaitu galur kacang tanah yang terdiri dari empat aras (G3D3,G3DI,G300-11,G200-I). Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis keragaman pada taraf nyata 5%. Perlakuan yang menunjukkan beda nyata maka diuji lanjut dengan menggunakan uji beda nyata jujur 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertumbuhan tanaman kacang tanah menunjukkan pola baris tanam hanya berpengaruh nyata pada diameter pangkal batang 84 HST saja yaitu lebih tinggi pada pola penanaman baris tunggal (40 cm x 20 cm) sebesar 4,9 mm. Faktor perlakuan galur berpengaruh nyata pada tinggi tanaman 84 HST, jumlah daun 84 HST dan berat brangkasan kering tanaman 84 HST. galur G3D3 memiliki tinggi tanaman tertinggi yaitu 55,2 cm. Pada hasil tanaman kacang tanah galur kacang tanah berpengaruh nyata pada berat polong kering per plot, berat polong tertinggi terdapat pada galur G3D3 yaitu 747,8 g. Interaksi antar perlakuan berpengaruh nyata pada berat polong per plot (2x2 m2) yaitu G3D3 yang ditanam pada pola baris tunggal (40 cm x 20 cm) memiliki berat polong tertinggi yaitu 918 g.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kacang tanah, galur, pola tanam
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:08
Last Modified: 01 Sep 2022 04:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31413

Actions (login required)

View Item View Item