IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT TIRTA INVESTAMA PADA BIDANG LINGKUNGAN DI PASURUAN TAHUN 2018

NADYA, SEPTIRA (2022) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT TIRTA INVESTAMA PADA BIDANG LINGKUNGAN DI PASURUAN TAHUN 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nadya Septira - SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Globalisasi memberikan dampak atas munculnya aktor baru selain aktor negara dalam Hubungan Internasional. Fenomena globalisasi ekonomi telah membawa serta persebaran kapitalisme yang ditandai dengan jumlah perusahaan multinasional meningkat dan berkembang pesat. Perusahaan multinasional dapat didefinisikan sebagai perusahaan yang beroperasi di lebih dari satu negara yang memiliki kantor pusat manajemen di suatu negara (home country) dan beroperasi di beberapa negara lain (host country). MNC merupakan salah satu aktor penting dalam bisnis internasional. Namun kegiatan bisnis yang dilakukan MNC banyak menimbulkan persoalan di berbagai negara salah satunya dalam bidang lingkungan sehingga perlu dilakukan aksi dari MNC untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) . PT. Tirta Investama sebagai salah satu MNC yang melakukan CSR di Pasuruan pada tahun 2018. Melalui pendekatan kualitatif, penulisan ini menganalisis peran PT. Tirta Investama sebagai salah satu MNC yang melakukan CSR di Pasuruan pada tahun 2018 di bidang lingkungan. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan studi kepustakaan (library research). Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multinational Corporation (MNC), Corporate Social Responsibility (CSR), dan Sustainable Development Goals (SDGs). PT Tirta Investama melakukan CSR dalam aspek lingkungan dimana perusahaan telah merealisasikan program berbasis kelestarian lingkungan untuk ketersediaan air bersih melalui proyek Danone Ecosystem dan untuk mewujudkan sanitasi yang layak melalui proyek WASH (Water, Sanitation, and Hygiene). Program CSR yang dilaksanakan bertujuan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs poin ke 6 tentang air bersih dan sanitasi layak serta meminimalisir dampak kegiatan operasional perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Multinational Corporation (MNC); Corporate Social Responsibility (CSR); Sustainable Development Goals (SDGs); Lingkungan; WASH
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:08
Last Modified: 01 Sep 2022 04:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31420

Actions (login required)

View Item View Item