ANALISIS GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN PUISI PERCAKAPAN PALING PANJANG PERIHAL PULANG PERGI KARYA THEORESIA RUMTHE DAN WESLLY JOHANNES : KAJIAN STILISTIKA

MIMI DIAN, PUTRI (2022) ANALISIS GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN PUISI PERCAKAPAN PALING PANJANG PERIHAL PULANG PERGI KARYA THEORESIA RUMTHE DAN WESLLY JOHANNES : KAJIAN STILISTIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Fix Mimi Dian Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja jenis gaya bahasa dalam kumpulan puisi Percakapan Paling Panjang Perihal Pulang Pergi Karya Theoresia Rumthe dan Weslly Johannes: Kajian Stilistika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam kumpulan puisi Percakapan Paling Panjang Perihal Pulang Pergi Karya Theoresia Rumthe dan Weslly Johannes: Kajian Stilistika. Metode dan Teknik penyediaan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Berdasarkan hasil analisis, jenis gaya bahasa yang digunakan meliputi: 6 gaya bahasa berdasarkan pilihan kata (6 gaya bahasa percakapan), 3 gaya bahasa berdasarkan nada (2 gaya bahasa sederhana dan 1 gaya bahasa menengah), 14 gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat (3 gaya bahasa repetisi, 2 gaya bahasa paralelisme, 1 gaya bahasa tautotes, 2 gaya bahasa anaphora, 2 gaya bahasa simploke, dan 4 gaya bahasa mesodiploasis), dan 37 gaya bahasa berdasrkan langsung tidaknya makna (1 gaya bahasa aliterasi, 7 gaya bahasa asonansi 1 gaya bahasa periphrasis, 3 gaya bahasa polisidenton, 1 gaya bahasa pelonasme, 9 gaya bahasa hiperbola, dan 4 gaya bahasa asnatrof. Sedangkan pada gaya bahasa kiasan yang paling mendominasi adalah gaya bahasa personifikasi. Pada gaya bahasa kiasan ditemukan 3 gaya bahasa simile, 1 gaya bahasa metafora, 6 gaya bahasa personifikasi, dan 1 gaya bahasa ironi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Percakapan Paling Panjang Perihal Pulang Pergi, Gaya Bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:46
Last Modified: 01 Sep 2022 06:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31424

Actions (login required)

View Item View Item