PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III SDN 02 SILA

NURUL, FITRAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III SDN 02 SILA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL FITRAH (E1E217135).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif karena kemampuan tersebut merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 02 Sila. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimental type Nonequevalen Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari 22 siswa dari kelas III SDN 02 Sila dan 28 siswa dari kelas III SDN Inpres Leu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis yaitu tes kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh data yang menunjukkan hasil Thitung sebesar 2.064 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 22 + 28 = 48. Maka diperoleh Ttabel sebesar 1.677 pada taraf signifikan 0.05 (5%). Berdasarkan kriteria penerikan kesimpulan pada uji hipotesis jika Thitung > Ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data yang didapat Thitung > Ttabel (2.064 > 1.677) artinya, Ha yang berbunyi ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 02 Sila diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran Reciprocal Teaching, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:46
Last Modified: 01 Sep 2022 06:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31426

Actions (login required)

View Item View Item