SUBSTITUSI TEPUNG KEDELAI (Glycinemax L. Merril) MENGGUNAKAN TEPUNG BIJI KETAPANG (Terminalia catappa) PADA PAKAN FORMULASI IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Marwa Safra, Ayu (2022) SUBSTITUSI TEPUNG KEDELAI (Glycinemax L. Merril) MENGGUNAKAN TEPUNG BIJI KETAPANG (Terminalia catappa) PADA PAKAN FORMULASI IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi marwa Safra Marwa Safra Ayu, C1K017060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Safra dipake.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh substitusi tepung kedelai menggunakan tepung biji ketapang pada pakan formulasi ikan nila (Oreochromis niloticus). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan, yaitu A (kontrol/ tepung biji ketapang 0%), B (tepung biji ketapang 7%), C (tepung biji ketapang 9%), dan D (tepung biji ketapang 11%). Pemeliharaan ikan dilakukan selama 50 hari. Parameter penelitian yang diukur meliputi berat mutlak, panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik, efesiensi pemanfaatan pakan, rasio konversi pakan, dan tingkat kelangsungan hidup dan kualitas air. Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi tepung biji kedelai dengan tepung biji ketapang dalam formulasi pakan ikan nila dapat mempengaruhi panjang mutlak. Namun tidak mempengaruhi berat mutlak, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan, efisiensi pemanfaatan pakan, dan kelangsungan hidup. Penambahan konsentrasi tepung biji ketapang 7% didalam formulasi pakan memberikan hasil terbaik selama penelitian

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biji ketapang, ikan nila, pertumbuhan, pakan ikan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:34
Last Modified: 02 Sep 2022 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31442

Actions (login required)

View Item View Item