Tingkat Partisipasi Masyarakat terhadap Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan Wana Lestari di Desa Karang Sidemen Kabupaten Lombok Tengah

BAIQ NURSARAH, AZWANI (2022) Tingkat Partisipasi Masyarakat terhadap Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan Wana Lestari di Desa Karang Sidemen Kabupaten Lombok Tengah. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX PRINT_BAIQ NURSARAH AZWANI fix (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan tingkat partisipasi masyarakat (laki-laki dan perempuam) tehadap pengelolaan hutan kemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan wawancara dengan alat bantu kuisioner tehadap 58 responden yang tediri dari 29 laki-laki dan 29 perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk partisipasi masyarakat terdapat 3 aspek; Aspek tata kelola kelembagaan yaitu masyarakat terlibat dalam pertemuan antar kelompok, penyuluhan, pembuatan awig-awig dan pengamanan hutan; Aspek tata kelola kawasan yaitu terlibat dalam bentuk penanaman, pemberian pupuk, pengendalian hama, pemanenan dan; aspek tata kelola usaha masyarakat terlibat dalam bentuk pengolahan, pengemasan, pemasaran dan promosi. Sedangakan tingkat partisipasi masyarakat pada aspek tata kelola kelembagaan, laki-laki masuk dalam kategori partisipasi tinggi sedangkan perempuan masuk dalam kategori rendah; aspek tata kelola kawasan laki-laki, masuk dalam kategori tinggi sedangkan perempuan masuk dalam kategori sedang dan; aspek tata kelola usaha masuk dalam kategori sedang sedangkan perempuan masukan dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan Hutan Kemasyarakatan laki-laki masuk dalam kategori sedang sedangkan perempuan masuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bentuk dan Tingkat pastisipasi masyarakat.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:24
Last Modified: 02 Sep 2022 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31448

Actions (login required)

View Item View Item