MASKULINISASI IKAN CUPANG (Betta sp.) MENGGUNAKAN EKSTRAK TESTIS SAPI MELALUIPERENDAMAN DENGAN DOSIS PERENDAMAN YANG BERBEDA

YUSIFAR FATHANA, SAPUTRA (2022) MASKULINISASI IKAN CUPANG (Betta sp.) MENGGUNAKAN EKSTRAK TESTIS SAPI MELALUIPERENDAMAN DENGAN DOSIS PERENDAMAN YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
YUSIFAR-NIM.C1K017107-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

kan hias merupakan ikan yang banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki warna yang indah. Salah satu ikan hias yang banyak digemari oleh masyarakat adalah ikan cupang (Betta Sp). Dari segi ekonomi, budidaya ikan cupang betina kurang menguntungkan karena warna dan morfologi tubuhnya yang kurang bagus. Oleh karena itu perlu dilakukan maskulinisasi menggunakan ekstrak testis sapi untuk mengarahkan kelamin ikan jantan. Ikan cupang jantan lebih digemari dibandingkan ikan betina, karena memiliki kelebihan dari segi warna dan morfologinya. ikan cupang jantan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ikan betina diantaranya harga yang mahal, morfologi dan warna yang lebih estetik. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh dosis ekstrak testis sapi yang berbeda terhadap maskulinisasi ikan cupang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan melakukan percobaan pemberian ekstrak testis sapi dengan dosis perendaman yang berbeda yaitu 0,06 ml/L 0,08 ml/L 0,10 ml/ dan 0,12 ml/L. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh penggunaan ekstrak testis sapi berpengaruh nyata terhadap jumlah persentase ikan cupang jantan yang dihasilkan, perlakuan baik diperoleh pada dosis 0,10 ml/L Air, direndam selama 24 jam menghasilkan persentase jantan sebesar 91.11% dan perlakuan terendah diperoleh dari perlakuan kedua dengan dosis 0,06 ml/L Air menghasilkan persentase jantan sebesar 58.89%. Sedangkan peengguaan Ekstrak testis sapi pada tingkat kelangsungan hidup ikan cupang, panjang akhir, berat akhir dan kualitas air tidak memberikan pengaruh berbeda nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan Cupang Jantan, Ekstrak Testis Sapi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:24
Last Modified: 02 Sep 2022 07:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31453

Actions (login required)

View Item View Item