CRITICAL ANALYSIS OF K-13 ENGLISH TEXTBOOKS FROM CULTURAL PERSPECTIVES

M U N A L I P, M U N A L I P (2017) CRITICAL ANALYSIS OF K-13 ENGLISH TEXTBOOKS FROM CULTURAL PERSPECTIVES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
THESIS MUNALIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek budaya pada buku teks kuri- kulum 2013 yang digunakan oleh SMA/MA/SMK/MAK. Dua buku telah dipilih sebagai subjek untuk mewakili penelitian ini. Teori budaya oleh Koentjaraningrat (1987) digunakan untuk menganalisis status buku teks Bahasa Inggris dalam hal nilai-nilai budaya. Rukrik penilaian dari BNSP digunakan juga untuk mendukung data penelitian ini. Studi ini menemukan buku teks Bahasa Inggris dalam menya- jikan nilai-nilai budaya dalam bentuk teks-teks dan gambar-gambar, nilai-nilai budaya yang paling banyak disajikan dalam bentuk instruksi teks. Materi dan lati- han disajikan dalam buku 1 semester 1 dan buku 2 semester 1 book 2 buku teks kurikulum 2013 relevan dengan nilai-nilai budaya dari siswa karena di tiap awal bab pada tiap-tiap buku mendeskripsikan nilai-nilai yang dibutuhkan oleh siswa- siswi seperti gotong-royong, toleransi dan musyawarah dan mufakat.Terakhir, ke- simpulan dari studi ini bahwa buku teks Kurikulum 2013 berisi nilai-nilai budaya yang dibutuhkan oleh siswa dikehidupan nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Buku Teks, Perspeksif Budaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:20
Last Modified: 25 Apr 2018 07:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3146

Actions (login required)

View Item View Item