PENGARUH PERIODE PERENDAMAN DALAM BAK PAKAN ALAMI Chaetoceros sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP BENIH KERANG MUTIARA (Pinctada maxima)

SATRIA, FAJRY (2022) PENGARUH PERIODE PERENDAMAN DALAM BAK PAKAN ALAMI Chaetoceros sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP BENIH KERANG MUTIARA (Pinctada maxima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
satria fajry, C1K016088..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kerang mutiara merupakan salah satu komoditas budidaya perikanan laut yang memiliki nilai ekonomis tinggi, namun demikian masih banyak kendala dalam kegiatan budidaya tiram mutiara seperti kekurangan benih berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman benih mutiara dalam bak pakan alami Chaetocheros sp. dengan periode perendaman berbeda terhadap pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup benih kerang mutiara (Pinctada maxima). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan yaitu A (kontrol/ tanpa perendaman), B (0,5 Jam), C (1 Jam), D (1,5 Jam) dan E (2 Jam). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman benih dalam bak pakan alami memberikan pengaruh yang signifikan pada pertumbuhan cangkang (dorsal-ventral) kerang mutiara pinctada maxima (p<0,05). Pertumbuhan tertinggi dicapai pada periode perendaman selama 2 jam dengan nilai pertumbuhan mutlak sebesar 1,67 mm, pertumbuhan relatif sebesar 68,49% dari ukuran awal, dan laju pertumbuhan spesifik harian sebesar 3,31% per hari. Metode ini perlu diuji pada benih kerang mutiara yang lebih besar dan dengan menggunakan spesies pakan alami yang lain juga dengan berbagai campuran pakan alami (multi spesies)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertumbuhan, Pinctada maxima, periode perendaman, pakan alami
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:12
Last Modified: 05 Sep 2022 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31477

Actions (login required)

View Item View Item