EFEKTIVITAS LUASAN PENUTUPAN WADAH REMEDIASI TERHADAP PENURUNAN BAHAN ORGANIK LIMBAH CAIR BUDIDAYA UDANG VANNAME Litopenaeus vannamei

DIAN AYU CHANDRA, DEWI (2022) EFEKTIVITAS LUASAN PENUTUPAN WADAH REMEDIASI TERHADAP PENURUNAN BAHAN ORGANIK LIMBAH CAIR BUDIDAYA UDANG VANNAME Litopenaeus vannamei. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1K016025, DIAN AYU CHANDRA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Budidaya udang vanname yang menggunakan sistem ekstensif semi intensif, dan intensif akan menghasilkan limbah. Limbah tersebut berasl dari sisa-sisa pakan, hasil ekskresi metabolism. Limbah yang tidak diolah dengan baik akan mencemari lingkungan baik secara langsung maupun tidak langsung. Perairn tercemar akan menimbulkan dampak buruk bagi biota laut, sumber daya laut, kesehatan manusia, dan menurunkan baku kualitas air. Pengolahan limbah dibeberapa sektor masih tergolong mahal. Salah satu upaya dalam mengurangi dampak limbah dilakukan pengolahan biologi dengan melakukan bioremediasi. Bioremediasi adalah proses meningkatkan kualitas air dengan memanfaatkan organisme perairan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa penutupan yang tepat dalam memperbaiki kualitas air pada limbah budidaya udang vanname dan Mengkalkulasi berapa lama waktu inkubasi dengan berbagai luasan penutupan dalam memperbaiki kualitas air. Metode yang digunakan adalah metode ekperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 Perlakun dan 3 ulangan, dimana P1 (Perlakuan tanpa penutupan wadah/ Kontrol), P2 (Perlakuan dengan ½ penutupan wadah), P3 (Perlakuan dengan ¾ penutupan wadah), P4 (Perlakuan dengan penutupan penuh wadah). Parameter kualitas air yang di uji : TOM, H2S, pH, DO, kekeruhan, dan suhu diukur tiap 12 jam sekali selama 36 jam Data dari hasil penelitian akan dianalisis dengan menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dengan SPSS pada taraf signifikan 5% untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian penutupan ½ pada wadah limbah cair budidya udang vanname dapat menurunkan bahan organik total (TOM) sebanyak 95%. Waktu yang tepat untuk lamanya perlakuan agar dapat mempengaruhi kualitas air adalah 36 jam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Limbah cair, Kualitas air, TOM, H2S
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:12
Last Modified: 05 Sep 2022 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31478

Actions (login required)

View Item View Item