RIA, SYAFITRI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI RIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 28 Cakranegara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/A dan V/B, dimana dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas V/B yang berjumlah 23 siswa dan kelas V/A berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian berupa tes pilihan ganda (pre-test dan post-test). Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan teknik independent samples t-test.Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5%dengan df=44 diperoleh thitung= 3,313 sedangkan ttabel=1,680, sehingga thitung=3,313 ≥ ttabel= 1,680 dan berdasarkan hasil uji gain ternormalisasi diperoleh rata-rata peningkatan gain ternormalisasi sebesar 0,512 teramasuk dalam kategori sedang pada kelas eksperimen dan didapat rata-rata peningkatan gain ternormalisasi sebesar 0,244 dengan kategori rendah pada kontrol. Kesimpulannya, ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teachingterhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V di SDN 28 cakranegara Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model pembelajaran Reciprocal Teaching, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Sukendi |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 04:32 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 04:32 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31484 |
Actions (login required)
View Item |