ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MATARAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN PECAHAN TAHUN AJARAN 2019/2020

DINA, HARTINA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MATARAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN PECAHAN TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mataram dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan pecahan tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari 3 soal berbentuk uraian. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan tahap indikator kemampuan berpikir kritis yakni: klarifikasi, assessmen, strategi, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil: (a) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori tinggi: siswa sudah mampu melalui tahap klarifikasi, assessmen, strategi, dan kesimpulan dengan tepat dan lengkap walapun pada beberapa nomor belum menuliskan secara tepat dan lengkap; (b) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori sedang: siswa sudah mampu melalui tahap klarifikasi dan strategi dengan tepat dan lengkap walapun pada pengerjaan beberapa nomor belum mampu menuliskan secara tepat dan lengkap sedangkan pada tahap assessmen dan kesimpulan belum dapat melalui tahap tersebut dengan tepat dan lengkap; (c) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori rendah: siswa tidak mampu melalui tahap klarifikasi, assessmen, dan kesimpulan dengan tepat dan lengkap sedangkan pada tahap strategi sudah mampu melaksanakan tahap ini dengan runtut dan benar tetapi hanya beberapa nomor saja. Secara umum, kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita dominan berada pada kategori rendah dan kategori sedang. Untuk peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang relavan dengan penelitian ini hendaknya menggunakan triangulasi supaya data yang diperoleh lebih valid.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis; pecahan; soal cerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sukendi
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:32
Last Modified: 05 Sep 2022 04:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31486

Actions (login required)

View Item View Item