Pengaruh Warna Cahaya LED yang Berbeda Terhadap Kecerahan Warna, Pertumbuhan, dan Kelangsungan Hidup Ikan Komet (Carassius auratus)

Baiq Haerun, Nisa (2022) Pengaruh Warna Cahaya LED yang Berbeda Terhadap Kecerahan Warna, Pertumbuhan, dan Kelangsungan Hidup Ikan Komet (Carassius auratus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAIQ HAERUN NISA, C1K018009, SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Warna Cahaya LED yang Berbeda Terhadap Kecerahan Warna, Pertumbuhan, dan Kelangsungan Hidup Ikan Komet (Carassius auratus) Effect of Different LED Light Color on Color Brightness, Growth, and Survival of Comet Fish (Carassius auratus) Baiq Haerun Nisa1, Nunik Cokrowati1, Andre Rachmat Scabra1* 1Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram Jl. Pendidikan No. 37, Mataram 83115 *Email: nunikcokrowati@unram.ac.id Abstrak Ikan komet (Carassius auratus) termasuk dalam jenis ikan hias air tawar dengan nilai jual tinggi dikarenakan keunikan bentuk tubuhnya dan warna yang cerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh warna cahaya LED (Light Emitting Diode) yang berbeda terhadap kecerahan warna, pertumbuhan, dan kelangsungan hidup ikan komet. Penelitian ini menerapkan pendekatan eksperimental dengan rancangan percobaan berupa Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan terdiri atas 5 perlakuan cahaya serta 3 ulangan yaitu A (cahaya ruangan), B (LED putih), C (LED biru), D (LED hijau), dan E (LED merah). Hasil penelitian menunjukkan perlakuan cahaya LED berpengaruh nyata terhadap kualitas warna dan efisiensi pakan, tetapi tidak berbeda nyata terhadap pertumbuhan, dan kelangsungan hidup ikan komet. Kualitas warna terbaik terdapat pada perlakuan E (LED merah) dengan peningkatan skor pada TCF (Toca Color Finder) sebesar 6,22 dan keragaan warna pada punggung sebesar 80,80%, warna sirip dada sebesar 64,91%, dan sirip ekor sebesar 71,18%. Efisiensi pakan terbaik diperoleh pada perlakuan C (LED biru) dengan nilai efisiensi pakan 57,48%. Respons tingkah laku ikan komet tidak memberikan perbedaan antara tiap perlakuan LED. Kualitas air pada media pemeliharaan ikan komet memiliki nilai suhu berkisar antara 25,70 – 29,20 ºC. Nilai pH berkisar antara 7,29 – 8,50. Sedangkan DO berkisar antara 8,00 – 12,20 mg/l.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): LED, Carassius auratus, Kecerahan Warna, Pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:20
Last Modified: 05 Sep 2022 07:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31490

Actions (login required)

View Item View Item