PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP APLIKASI TIK TOK DENGAN PERKEMBANGAN PERILAKU REMAJA DI KELURAHAN AMPENAN SELATAN KOTA MATARAM

MUHAMMAD, YUNANI (2022) PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP APLIKASI TIK TOK DENGAN PERKEMBANGAN PERILAKU REMAJA DI KELURAHAN AMPENAN SELATAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Muhammad Yunani_L1B018082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman membuat teknologi dalam berkomunikasi menjadi lebih mudah. Komunikasi yang awalnya dilaksanakan dengan interaksi secara tatap muka, berubah menjadi kecenderungan menggunakan platform media sosial. Media sosial (Social Networking) adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang di lakukan di Kantor Kelurahan Anmpenan Selatan. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian persepsi orang tua terhadap aplikasi Tik Tok mengatakan bahwa Tik Tok merupakan aplikasi yang positif karena memberikan manfaat bagi penggunanya seperti hiburan, informasi dan menambah jejaring sosial. Ketertarikan seseorang terhadap media sosial dipengaruh lingkungannya dimana pengguna media sosial melihat Tik Tok berdasarkan banyak orang disekelilingnya mengakses aplikasi tersebut dan dapat merubah persepsi pangguna yang awalnya tidak tertarik menjadi tertarik kemudian aplikasi Tik Tok dapat memberikan manfaat yang dibutuhkan seperti memperluas jejaring sosial pertemanan, mendapatkan hiburan yang menarik, serta memberikan Aplikasi tik tok juga dapat mempengaruhi perubahan perilaku remaja yang masih berstatus pelajar, karena akan menjadikan pelajar menjadi malas untuk belajar sehingga kan mempengaruhi pendidikannya. 1. Berdasarkan jawaban responden sebagian besar persepsi orang tua terhadap aplikasi tik tok yaitu sangat tidak setuju terhadap aplikasi tik tok. 2. Berdasarkan jawaban responden sebagian besar perkembangan perilaku remaja didapatkan hasil yaitu sangat sering terjadinya perkembangan perilaku pada remaja seperti remaja menggunakan aplikasi tik tok, remaja suka berbicara tidak baik setelah mengenal tik tok, remaja tidak ada komunikasi dengan orang tua, remaja mengikuti gaya di tik tok, dan remaja keluar rumah sampai larut malam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Social Media, Tik Tok, Kantor Kelurahan Ampenan Selatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:32
Last Modified: 05 Sep 2022 07:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31492

Actions (login required)

View Item View Item