PENGARUH KOMBINASI FILTER DENGAN SISTEM RESIRKULASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

M. Farizi, Maldino (2022) PENGARUH KOMBINASI FILTER DENGAN SISTEM RESIRKULASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
M. FARIZI MALDINO, C1K018033, SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
M. FARIZI MALDINO, C1K018033, ARTIKEL.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Sistem resirkulasi merupakan salah satu sistem budidaya yang mampu untuk menopang jalannya proses budidaya karena dalam sistem ini menerapkan pemanfaatan air secara berkelanjutan dan tidak memerlukan lahan yang terlalu luas dengan wadah besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kombinasi jenis filter terbaik terhadap tingkat pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan nila (O. niloticus) pada sistem resirkulasi. Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Adapun perlakuan dalam penelitian ini adalah perlakuan A (kapas sintetis, pasir malang, pecahan karang (kontrol)), B (kapas sintetis, pasir malang, pecahan genteng, pecahan karang), C (kapas sintetis, pasir malang, karbon aktif,pecahan karang), D (kapas sintetis, pasir malang, bioring, pecahan karang), dan E (kapas sintetis, pasir malang, bioball, pecahan karang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kombinasi filter yang diterapkan menunjukkan hasil berpengaruh nyata terhadap nilai laju pertumbuhan benih ikan nila. Kombinasi filter yang diterapkan dengan sistem resirkulasi pada perlakuan D (kapas sintetis, pasir malang, pecahan karang, bioring) memberikan hasil yang signifikan terhadap parameter pertumbuhan berat mutlak sebesar 11. 07 g, panjang mutlak 4.62 cm, berat spesifik 5.04 %, dan panjang spesifik sebesar 1.58 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): filter, sistem resirkulasi, pertumbuhan, ikan nila.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:19
Last Modified: 05 Sep 2022 08:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31493

Actions (login required)

View Item View Item