BRAND ACTIVATION WARDAH DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI MASA PANDEMI COVID-19

Yessica Ryanti, Anggajaya (2022) BRAND ACTIVATION WARDAH DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Yessica Ryanti Anggajaya_L1B018120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64MB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan produk kecantikan dan perawatan diri meningkat di masa pandemi COVID-19. Hal ini mengakibatkan persaingan antarpasar industri kosmetik menjadi semakin kompetitif, sehingga perusahaan harus menciptakan brand yang kuat di target pasar. Pandemi COVID-19 juga menyebabkan terjadinya pembatasan aktivitas. Brand activation diperlukan untuk meningkatkan brand awareness, karena brand yang baik adalah brand yang mampu bertahan pada ingatan khalayak. Wardah yang meraih penghargaan atas activationnya di masa pandemi COVID-19 serta di tengah persaingan brand kecantikan membuat peneliti tertarik untuk mengetahui brand activation Wardah di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Wardah menjalankan kegiatan brand activationnya di masa pandemi COVID- 19 dengan menerapkan empat pilar utama brand activation, yaitu identity, stakeholders, product, dan communication. Dalam hal identity, Wardah melakukan proses reframe atau perubahan image di masa pandemi COVID-19 menjadi ‘Beauty Moves You’, sehingga tagline, visual, packaging produk, dan personalitynya berubah. Wardah bekerja sama dengan berbagai stakeholder eksternal dan memiliki karyawan yang menjadi frontliner dalam melakukan brand activation. Wardah melakukan komunikasi melalui berbagai aktivitas brand activationnya, yaitu melalui direct marketing, social media, promotions, event dan sponsorship

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Brand activation, brand awareness, Pandemi COVID-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:19
Last Modified: 05 Sep 2022 08:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31495

Actions (login required)

View Item View Item