PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS CERITA SEJARAH SISWA KELAS XII SMAN 1 PRINGGABAYA

HANIAM, MARI’A (2022) PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS CERITA SEJARAH SISWA KELAS XII SMAN 1 PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ HANIAN (E1C117028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan utama yang dikaji dalam benelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh metode cooperative script terhadap hasil belajar teks cerita sejarah siswa kelas XII SMAN 1 Pringgabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahwi pengaruh metode cooperative script terhadap hasil belajar teks cerita sejarah siswa kelas XII SMAN 1 Pringgbaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group desigen. Hasil analisis dari uji statistik terdapat selisih skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan hasil sig, (2 taild) sebesar 0,000< 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya metode pembelajaran cooperative script memiliki pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa, Pada hasil posttest kelas eksperimen dengan menggunakan metode cooperative script rata-rata nilai siswa 82.20 sedangkan posttest kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional rata-rata nilai siswa 71.17. Maka dapat disimpulakan ada perbedaan antara posttest kelas eksperimen dengan posttest kelas kontro

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Cooperative Script, Hasil Belajar, Quasi Eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:35
Last Modified: 06 Sep 2022 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31510

Actions (login required)

View Item View Item