PENGARUH KONSENTRASI PACLOBUTRAZOL DAN DOSIS PUPUK FOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.)

Ayu, November (2022) PENGARUH KONSENTRASI PACLOBUTRAZOL DAN DOSIS PUPUK FOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AYU NOVEMBVER 4 Sep. 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh konsentrasi paclobutrazol dan dosis pupuk fosfat terhadap pertumbuhan dan hasil cabai rawit (Capsicum annum L.). Penelitian dilakukan di dusun Sukamulia, Desa Padamara, Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2021 sampai Maret 2022. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi paclobutrazol dengan taraf perlakuan yaitu : G0 (0 ppm), G1 (30 ppm), G2 (60 ppm) dan G3 (90 ppm), sedangkan faktor kedua yaitu dosis pupuk fosfat dengan taraf perlakuan P0 (0 kg/ha P2O5), P1 (30 kg/ha P2O5), P2 (60 kg/ha P2O5) dan P3 (90 kg/ha P2O5). Data pengamatan dianalisis dengan analisis keragaman Anova dengan taraf nyata 5% dilanjutkan dengan uji lanjut BNJ 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi pada perlakuan konsentrasi paclaburazol dan dosis pupuk fosfat. Perlakuan secara tunggal konsentrasi paclobutrazol dan dosis pupuk fosfat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil cabai rawit. Paclobutrazol dengan konsentrasi 90 ppm memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan cabai rawit, jumlah buah per tanaman dan berat buah per tanaman namun tidak berpengaruh terhadap umur berbunga dan panen. Pupuk fosfat dengan dosis 60 kg/ha memberikan hasil terbaik terhadap jumlah cabang produktif, sedangkan dosis 90 kg/ha memberikan hasil terbaik terhadap jumlah buah dan berat buah per tanaman, namun tidak berpengaruh terhadap tinggi tanaman, umur berbunga dan panen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): abai Rawit, Paclobutrazol, fosfat, konsentrasi, dosis.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:36
Last Modified: 06 Sep 2022 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31524

Actions (login required)

View Item View Item