ANALISIS WACANA KRITIS BERITA KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MEDIA CETAK LOMBOK POST DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN WACANA DI PERGURUAN TINGGI

MUSHAITIR, MUSHAITIR (2017) ANALISIS WACANA KRITIS BERITA KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MEDIA CETAK LOMBOK POST DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN WACANA DI PERGURUAN TINGGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS MUSHAITIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji berita kebijakan pendidikan dalam media cetak Lombok Post berdasarkan studi linguistik Analisis Wacana Kritis (AWK) dan direlevansikan terhadap pembelajaran wacana di Perguruan Tinggi.Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan ideologi, kekuasaan, dan interstekstualitas berita kebijakan pendidikan dalam media cetak Lombok Post dan merelevansikannyaterhadap pembelajaran wacana di Perguruan Tinggi.Sumber dan teknik analis data penelitian ini adalah data dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan yakni teknik tiga dimensi praktik sosial Fairclought ditinjau berdasarkan unsur linguistik (kosa-kata, frase, dan kalimat).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ideologi media cetak Lombok Post pada berita kebijakan pendidikan cendrung mengarah ke pemerintah dengan menampilkan unsur kekuasaanmelalui repsentasi kalimat yang meliputi unsur kekuasaan tidak setara dan kekuasaan tersembunyi.Lebih lanjut, posisi media cetak Lombok Post dalam menciptakan sebuah berita melalui narasumber atau intertekstualitas dari pihak Pemerintah (Dikpora) 64,3%, Kepala Sekolah 23,5%, Guru 4,1%, dan Wali Murid 7,1%. Selain itu, jenis intertekstualitas pada berita kebijakan pendidikan, media cetak Lombok Post cendrung menggunakan jenis gaya (formal dan informal), negasi, ironi, dan pengandaian. Relevansi terhadap pembelajaran wacana di perguruan tinggi, yakni Aspek hasil terkait dengan keurgensian kajian yang mengedepankan penerapan nilai-nilai kepemimpinan, keadilan, dan nilai tanggung jawab, sedangkan aspek cara berkaitan dengan kebermanfaatan kajian yang diaktualisasikan melalui perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Wacana Kritis, Berita Kebijakan Pendidikan, Media Cetak Lombok Post, Pembelajaran Wacana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:19
Last Modified: 25 Apr 2018 07:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item View Item