INTERNALISASI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PPKN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 BATUKLIANG

Sri, Wahyuni (2022) INTERNALISASI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PPKN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 BATUKLIANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan tujuan yakni, untuk mendeskripsikan: (1) internalisasi karakter tanggung jawab siswa melalui mata pelajaran PPKn di masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Batukliang (2) internalisasi karakter disiplin siswa melalui mata pelajaran PPKn di masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 BatukliangPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn sebagai selaku sasaran pengamatan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMAN 1 Batukliang, wakasek kesiswaan dan guru bimbingan konseling (BK). Teknik pengumpulan data yang diaplikasikan dalam penelitian ini observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analisis data (reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan validitas data). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, (1) Internalisasi karakter tanggung jawab siswa melalui mata pelajaran PPKn di masa pandemi Covid-19 ini dirumuskan dalam RPP yang tidak terperinci pada bagian langkah pembelajarannya, serta untuk proses pembelajaran atau pengiriman tugas melibatkan grub WhatsApp pada masing-masing kelas kemudian akan di diskusikan atau dibahas pada sesi pertemuannya, terkait tanggung jawab untuk mata pelajaran PPKn persensi yang telah diinstruksikan dibatasi oleh waktu yaitu pukul 07.00-09.00, sesuai jadwal masuk siswa disampaikan waktu pengumpulannya juga dan siswa sudah paham konsekuensinya nanti apabila terlambat untuk pengumpulannya. (2) Internalisasi karakter disiplin siswa melalui mata pelajaran PPKn di masa pandemi Covid-19 ini diawali dengan masih ada siswa yang terlambat ke sekolah maupun tidak masuk tanpa keterangan namun tetap dilihat dari segi kehadiran siswa, kemudian terkait dengan tugas yang diberikan dengan batas waktu pengumpulannya diperketat agar siswa tidak menyepelekannya dan di masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Internalisasi Karakter, Disiplin dan Tanggung Jawab, PPKn, Pandemi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:37
Last Modified: 06 Sep 2022 07:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31531

Actions (login required)

View Item View Item