EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DARI TYPE 2/2 UD MENJADI TYPE 4/2 D (Studi Kasus Ruas Jalan Tgh Ibrahim Kholidi Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat)

ELVARA WINDA, WARDANI (2022) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DARI TYPE 2/2 UD MENJADI TYPE 4/2 D (Studi Kasus Ruas Jalan Tgh Ibrahim Kholidi Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Elvara Winda Wardani (F1A016040).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Jalan TGH Ibrahim Kholidi merupakan jalan perkotaan di kabupaten Lombok Barat yang saat ini memiliki aktivitas guna lahan samping jalan serta tingkat kesibukan yang cukup tinggi karena merupakan akses jalan di daerah pertokoan, perkantoran dan pendidikan. Selain itu juga merupakan akses jalan yang menghubugkan kabupaten Lombok Barat dengan kabupaten Lombok tengah sehingga lalu lintasya sangat padat. Pada awalnya jalan TGH Ibrahim Kholidi adalah jalan dengan tipe 2/2 UD yang kemudian direncanakan oleh pemerintah dibuat menjadi tipe jalan 4/2 D. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja ruas jalan TGH Ibrahim Kholidi pada saat kondisi jalan tipe 2/2 UD dan pada tipe jalan 4/2 D yang diukur berdasarkan derajat kejenuhan dan kecepatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan survei. Survei ini dilakukan dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan sesuai dengan pedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia tahun 1997. Hasil analisis menunjukan bahwa kinerja ruas jalan TGH Ibrahim kholidi tipe 2/2 UD lebih rendah dari pada kinerja ruas jalan TGH Ibrahim Kholidi tipe 4/2 D dengan nilai derajat kejenuhan jalan pada tipe 2/2 UD = 0,7 dan kecepatan rata-rata ruang kendaraan dari arah timur = 32,84 km/jam serta dari arah barat = 31,96 km/jam. Untuk tipe jalan 4/2 D diperoleh nilai derajat kejenuhan = 0,45 dengan besar kecepatan rata-rata ruang kendaraan dari arah timur = 34,69 km/jam dan dari arah barat = 33,15 km/jam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kinerja Ruas Jalan, 2/2 UD, 4/2 D, Derajat Kejenihan, Kecepatan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:37
Last Modified: 06 Sep 2022 07:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31532

Actions (login required)

View Item View Item