DESIGNING ENGLISH FOR TOURISM PRACTITIONERS IN SUKARARE USING A STANDPOINT MODEL

WAHYUNI, LESTARI (2022) DESIGNING ENGLISH FOR TOURISM PRACTITIONERS IN SUKARARE USING A STANDPOINT MODEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Wahyuni Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya industry pariwisata di Indonesia, sangat penting bagi praktisi pariwisata untuk memiliki kemampuan berbahasa. Oleh karena itu, praktisi pariwisata profesional di Sukarare harus dapat menggunakan bahasa Inggris dengan baik karena salah satu tanggung jawab mereka adalah membuat komunikasi mereka dengan wisatawan dapat dimengerti. Penelitian ini menemukan tugas dan teks otentik dari praktisi pariwisata di Sukarare dengan menggunakan model standpoint. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Model Standpoint digunakan untuk mengetahui kebutuhan. Kegiatan ini dilaksanakan di Sukarare, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Responden penelitian ini berjumlah 5 orang, yaitu 3 orang pemandu wisata, seorang penenun dan seorang penjual. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam observasi terdapat 3 komponen yang di amati yaitu tempat, praktisi pariwisata dan data otentik dan wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tentang tugas dan teks otentik di Sukarare. Kemudian, temuan data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada delapan standpoint yang digunakan oleh praktisi pariwisata di Sukarare dalam melakukan pekerjaannya. Data yang terkumpul dari penelitian ini digunakan sebagai data dasar untuk merancang silabus bahasa Inggris untuk Praktisi Pariwisata di Sukarare.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tugas Otentik, Teks Otentik, Praktisi Pariwisata, Model Standpoint
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:49
Last Modified: 06 Sep 2022 07:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31535

Actions (login required)

View Item View Item