EFL STUDENTS' PERSPECTIVES ON THE USEFULNESS OF ICT- BASED LEARNING AT THE 8th SEMESTER STUDENTS ENGLISH DEPARTMENT UNIVERSITY OF MATARAM ACADEMIC YEAR 2021/2022

SOFIA RAHMI, SUMAYANI (2022) EFL STUDENTS' PERSPECTIVES ON THE USEFULNESS OF ICT- BASED LEARNING AT THE 8th SEMESTER STUDENTS ENGLISH DEPARTMENT UNIVERSITY OF MATARAM ACADEMIC YEAR 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sofia Rahmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar telat dikaitkan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dalam konteks pembelajaran bahasa inggris, TIK adalah sumber dan alat untuk mendukung mahasiswa dalam proses belajar mereka. Dengan penggunaan kegiatan belajar bahasa Inggris yang berbeda, TIK menawarkan kepada mahasiswa berbagai sumber untuk mendapatkan konten otentik dan meningkatkan kemampuan bahasa mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif mahasiswa tentang pemanfaatan pembelajaran berbasi TIK dalam kegiatan belajar mereka. Technology Acceptance Model (TAM), yang diciptakan oleh Davis (1985) dan dikembangkan untuk digunakan dalam kegiatan kelas ELT oleh Wiyaka, Mujianto, dan Rukmini (2018), adalah instrument yang digunakan dalam penelitian ini untuk menguji perspektif mahasiswa EFL tentang pembelajaran berbasis TIK. Penilitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 31 mahasiswa semester 8 jurusan Bahasa Inggris Universitas Mataram tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket online, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan SPSS, kemudian digunakan uji Spearman's Rho karena variabelnya tidak kontinu. Untuk menentukan seberapa dekat kedua variabel terkait satu sama lain, uji eta-kuadrat diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa setuju bahwa kebermanfaatan pembelajaran berbasis TIK yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran mereka mudah digunakan dan relatif positif bagi perspektif siswa. Temuan juga mengungkapkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara kedua variabel dengan koefisien korelasi positif (0,665). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa TIK dianggap berguna untuk pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perspektif Mahasiswa, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Technology Acceptance Model (TAM)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:51
Last Modified: 06 Sep 2022 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31536

Actions (login required)

View Item View Item