HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS I KECAMATAN KOPANG LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SUHAYA, FITRIA (2017) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS I KECAMATAN KOPANG LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FITRIA SUHAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Gugus I kecamatan Kopang Lombok Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Dimana proses pembelajaran, interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya berperan dalam merubah, mempengaruhi, atau memperbaiki perilaku siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Karena, hubungan dengan teman sebaya memiliki peran penting untuk menumbuhkan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Kopang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk pencapaian tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Dengan pengambilan sampel sebanyak 64 siswa pada Gugus I Kecamatan Kopang Lombok Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui hubungan kedua variabel digunakan bantuan SPSS V.16,0 yang menunjukkan hasil person sebesar 0,340 > 0,01 yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Kopang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Interaksi Teman Sebaya, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 25 Apr 2018 04:29
Last Modified: 25 Apr 2018 04:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3154

Actions (login required)

View Item View Item