PENDEKATAN GENERALIZED SPACE TIME AUTOREGRESSIVE (GSTAR) DALAM MEMPREDIKSI TINGKAT INFLASI BULANAN (Studi Kasus : Kota Bima dan Kota Mataram)

RAHMA, WATI (2022) PENDEKATAN GENERALIZED SPACE TIME AUTOREGRESSIVE (GSTAR) DALAM MEMPREDIKSI TINGKAT INFLASI BULANAN (Studi Kasus : Kota Bima dan Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Rahmawati_G1D015036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tingkat inflasi yang terjadi di Kota Bima dan Kota Mataram disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya transportasi. Aktivitas ekonomi di bidang transportasi yang terjadi di antara kedua kota tersebut mengindikasikan adanya pengaruh jarak dari dua lokasi tersebut. Selain itu, nilai korelasi dari data secara keseluruhan antara Kota Bima dan Kota Mataram sebesar 70% serta aktivitas ekonomi mengindikasikan adanya pengaruh jarak terhadap tingkat inflasi yang terjadi pada kedua kota tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh jarak terhadap tingkat inflasi serta membentuk model peramalan tingkat inflasi Kota Bima dan Kota Mataram dengan menggunakan metode GSTAR. Secara statistika, terdapat hubungan pengaruh jarak dari Kota Bima dan Kota Mataram terhadap tingkat inflasi, namun secara teori ekonomi regional, tidak terdapat hubungan yang signifikan secara ekonomi antara Kota Bima dan Kota Mataram. Karena secara ekonomi tidak terdapat hubungan yang erat, maka jarak antar lokasi tidak berpengaruh terhadap inflasi yang terjadi. Sehingga model peramalan yang terbentuk dengan memperhatikan bobot lokasi tidak dapat digunakan untuk memprediksi tingkat inflasi pada periode setelahnya. Ketidak tepatan model dapat ditunjukkan dengan nilai MAPE yang dihasilkan untuk Kota Bima dan Kota Mataram secara berturut-turut sebesar 93,8212% dan 99,2049%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): GSTAR, inflasi, MAPE, bobot lokasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:41
Last Modified: 07 Sep 2022 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item View Item