UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI EKSTRAK DAUN KASTUBA MERAH (Euphorbia pulcherrima Willd.) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus

Muhamad, Haikhal (2022) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI EKSTRAK DAUN KASTUBA MERAH (Euphorbia pulcherrima Willd.) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI_MUHAMAD HAIKHAL_K1A018052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tumbuhan kastuba (Euphorbia pulcherrima Willd.) banyak dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat. Daun kastuba yang berwarna merah berpotensi sebagai antibakteri karena mengandung senyawa golongan flavonoid, tanin dan terpenoid yang lebih tinggi dibandingkan dengan daun kastuba yang berwarna hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak dan fraksi daun kastuba merah terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Sampel dimaserasi dengan pelarut metanol 95%. Ekstrak daun kastuba merah dilakukan uji penapisan kimia dengan metode tabung. Selanjutnya dilakukan fraksinasi secara bertingkat dengan pelarut metanol dan air, etil asetat dan n-heksana. Ekstrak dan fraksi daun kastuba merah dilakukan analisis secara kualitatif menggunakan Kromatografi Lapis Tipis. Selanjutnya ekstrak dan fraksi daun kastuba merah dilakukan pengujian aktivitas antibakteri dengan metode difusi cakram. Analisis data dilakukan dengan uji Kruskall Wallis dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun kastuba merah mengandung senyawa golongan flavonoid, tanin dan terpenoid. Fraksi metanol-air dan fraksi etil asetat memiliki zona hambat terbesar dibandingkan ekstrak dengan diameter hambat berkisar 12- 20 mm. Fraksi metanol-air berpotensi dikembangkan lebih jauh sebagai antibakteri yang ditunjukkan dengan diameter penghambatan bakteri tertinggi sebesar 20.50 mm pada konsentrasi 2%. Nilai p dari hasil uji Kruskall Wallis adalah p<0.05 menunjukkan setiap perlakuan berpengaruh nyata terhadap penghambatan pertumbuhan bakteri dan hasil uji Mann-Whitney adalah p>0.05 pada perlakuan ekstrak dan fraksi etil asetat serta p<0.05 pada perlakuan fraksi metanol-air hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna antar konsentrasi perlakuan ekstrak dan fraksi etil asetat serta terdapat perbedaan bermakna antar konsentrasi perlakuan fraksi metanol-air.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Euphorbia pulcherrima Willd., Staphylococcus aureus, aktivitas antibakteri
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:41
Last Modified: 07 Sep 2022 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31550

Actions (login required)

View Item View Item