STRATEGI KOMUNIKASI PARTISIPATIF DAN PERSUASIF FORUM ANAK LOMBOK TENGAH DALAM MEWUJUDKAN KABUPATEN LAYAK ANAK

Lale Sukma, riyani (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PARTISIPATIF DAN PERSUASIF FORUM ANAK LOMBOK TENGAH DALAM MEWUJUDKAN KABUPATEN LAYAK ANAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALE SUKMARIYANI - Revisi Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Komunikasi Lale Sukmariyani (1).pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Program Kabupaten Layak Anak di Lombok Tengah merupakan respon pemerintah daerah terhadap tingginya kasus pelanggaran terhadap hak-hak anak. Strategi komunikasi partisipatif dan persuasif diperlukan Forum Anak Lombok Tengah dalam melaksanakan kegiatan yang menunjang program Kabupaten Layak Anak di Lombok Tengah agar perannya sebagai perantara komunikasi anak-anak dengan pemerintah berjalan dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Partisipatif dan Persuasif Forum Anak Lombok Tengah dalam Mewujudkan Kabupaten Layak Anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan informan secara sengaja atau pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis kualitatif dan menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Forum Anak Lombok Tengah menerapkan strategi komunikasi partisipatif dan persuasif dalam melaksanakan kegiatan yang menunjang program Kabupaten Layak Anak di Lombok Tengah. Strategi komunikasi partisipatif digunakan dengan konsep dasar dialog, voice, dan liberating pedagogy. Sedangkan untuk strategi komunikasi persuasif digunakan dengan Teknik Asosiasi, Teknik Integrasi/Empathy, Teknik fear Arousing, dan Teknik Tataan/Icing.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Forum Anak Lombok Tengah, Kabupaten Layak Anak, Strategi Komunikasi Partisipatif dan Persuasif.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:41
Last Modified: 07 Sep 2022 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31552

Actions (login required)

View Item View Item