PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 1 LINGSAR

Abdul Haris, Munandar (2022) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _Abdul Haris Munandarpdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media e- learning berbasis Learning Management System (LMS) Moodle pada materi trigonometri untuk peserta didik kelas X SMAN 1 Lingsar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap analisis meliputi analisis peserta didik dan kompetensi. Pada tahap desain dilakukan penyusunan rancangan materi dan evaluasi materi, pembuatan flowchart, dan storyboard. Pada tahap pengembangan, dilakukan pembuatan media e-learning berdasarkan rancangan yang sudah dibuat pada tahap desain. Kemudian pada tahap implementasi, media e-learning diuji cobakan sebanyak dua tahap yaitu uji ahli dan uji coba peserta didik. Tahap terakhir adalah tahap evaluasi untuk melihat kualitas dan kelayakan media e-learning. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media e-learning MathZone SMAN 1 Lingsar berbasis Learning Management System (LMS) Moodle pada materi trigonometri kelas X. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi media e-learning oleh validator dan angket respon peserta didik. Media pengembangan dalam penelitian ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, serta diujicobakan pada peserta didik kelas X SMAN 1 Lingsar, Lombok Barat, NTB. Subjek uji coba dalam pengembangan media ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 sebanyak 34 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap validasi oleh ahli materi dan ahli media diperoleh hasil validitas sebesar 90,67% dan 90,00% dengan kategori media “Sangat Layak”. Sementara pada tahap uji coba respon peserta didik terhadap media e-learning diperoleh hasil rata-rata sebesar 87,23% yaitu dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media e-learning ini layak digunakan oleh peserta didik kelas X SMAN 1 Lingsar khususnya pada materi trigonometri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E-learning, Learning Management System (LMS), Moodle, Trigonometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:44
Last Modified: 07 Sep 2022 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31563

Actions (login required)

View Item View Item