PENGARUH POLA PENANAMAN BARIS GANDA PADA KOMPONEN HASIL DAN DAYA HASIL KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) DI LAHAN KERING

Julia, Mawarni (2022) PENGARUH POLA PENANAMAN BARIS GANDA PADA KOMPONEN HASIL DAN DAYA HASIL KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) DI LAHAN KERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JULIA MAWARNI (C1M018064).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL JULIA MAWARNI (C1M018064).pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pola Penanaman Baris Ganda pada Komponen Hasil dan Daya Hasil Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) di Lahan Kering. Percobaan ini dilaksanakan di lahan milik petani pada bulan April sampai dengan bulan Juni Tahun 2022 di Desa Duman Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan perlakuan yakni pola pertanaman baris ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis keragaman (Analysis of Variance) pada taraf nyata 5%. Perlakuan yang menunjukkan beda nyata maka diuji lanjut dengan menggunakan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Berdasarkan hasil penelitian didaptakan bahwa pola penanaman baris ganda memberikan hasil yang lebih rendah dibandingkan dengan baris tunggal. Pola penanaman baris ganda memberikan pengaruh nyata pada daya hasil (tinggi tanaman 28 HST dan jumlah daun 28 HST ) dan pada komponen hasil yaitu bobot polong kering per plot. Perlakuan tersebut memberikan pengaruh tidak nyata pada beberapa parameter lainnya yaitu tinggi tanaman dan jumlah daun umur 56 dan 84 HST, jumlah cabang, diameter pangkal batang, bobot berangkasan kering akar per tanaman, bobot berangkasan kering per tanaman, jumlah polong hampa per tanaman, jumlah polong berisi per tanaman, jumlah polong berisi per plot, dan bobot polong kering per tanaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Daya Hasil, Komponen Hasil, Penanaman Baris Ganda, Kacang Tanah.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:53
Last Modified: 07 Sep 2022 05:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31567

Actions (login required)

View Item View Item