ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH MARUTA DALAM NOVEL “DI SERAMBI MAKKAH” KARYA TASARO PERSPEKTIF ABRAHAM MASLOW DAN KAITANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Utari, Nunung Tri (2016) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH MARUTA DALAM NOVEL “DI SERAMBI MAKKAH” KARYA TASARO PERSPEKTIF ABRAHAM MASLOW DAN KAITANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selain karena pengisahannya yang menarik, novel “Di Serambi Makkah” karya TASARO juga dapat memberikan penyadaran bagi siswa SMA untuk menghormati perbedaan, tidak boleh mengambil hak orang lain, selalu berprestasi, selalu berpikir jernih, bijak dalam menyikapi suatu permasalahan, mendekatkan diri kepada Tuhan, dan mengajarkan untuk tidak mudah terpicu SARA. Oleh sebab itu, penelitian yang berjudul “Analisis Psikologi Tokoh Maruta dalam Novel Di Serambi Makka Karya TASARO Perspektif Abraham Maslow dan Kaitannya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA” ini dilakukan. Karena dengan melakukan penelitian terhadap psikologi tokoh Maruta dalam novel “Di Serambi Makkah” karya TASARO berdasarkan perspektif Abraham Maslow yang kemudian dikaitkan dengan pembelajaran sastra di SMA, akan diperoleh deskripsi mengenai perubahan psikologi tokoh Maruta yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhannya mulai dari masa kanak-kanak hingga dewasa dan deskripsi keterkaitan perubahan psikologi tokoh Maruta tersebut dengan pembelajaran sastra di SMA. Kemudian melalui penelitian tersebut akan diperoleh manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, seperti menjadi sarana pengaktualisasian diri, memperkaya kepustakaan studi psikologi sastra, dan menjadi media pembelajaran sastra untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naratif yang data pokoknya bersumber dari novel “Di Serambi Makkah” karya TASARO. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan metode kualitatif yang disesuaikan dengan teori kebutuhan Abraham Maslow. Hasil dari penelitian ini adalah 1) fase perubahan psikologi tokoh Maruta, 2) perubahan psikologi tokoh Maruta, 3) pemenuhan kebutuhan tokoh Maruta (kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri) mulai dari kanak-kanak hingga dewasa, 4) pencapaian aktualisasi diri tokoh Maruta dan, 4) kaitan psikologi tokoh Maruta dengan pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta, harga diri dan aktualisasi diri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Apr 2018 04:30
Last Modified: 25 Apr 2018 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3159

Actions (login required)

View Item View Item