Mulyani, Mulyani (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI MULYANI (E1A013030).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian tentang perbedaan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dan Card Sort pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Mataram tahun ajaran 2016/2017 bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dan Card Sort. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Mataram yang berjumlah 207 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling, dan diperoleh siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 26 siswa dan siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis uji t dua pihak, diperoleh nilai thitung sebesar 8,444 dengan nilai ttabel sebesar 2,008 pada taraf signifikansi 5%. Nilai thitung > ttabel (8,444 > 2,008) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dengan Card Sort pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Mataram tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Hasil Belajar Kognitif, Index Card Match, Card Sort. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 06:02 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 06:02 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/316 |
Actions (login required)
View Item |