PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Al FIYATOEN, SEVTIA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Al Fiyatoen Sevtia_E1Q018002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran fisika berbasis Google Sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik yang valid, efektif dan efisien. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran berbasis Google Sites. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, instrument tes dan angket respon. Validitas produk dinilai oleh tiga validator ahli media dan tiga validator ahli materi yang selanjutnya dianalisis menggunakan skala likert. Keefektifitas produk dianalisis menggunakan uji N-Gain. Keefisiensi diperoleh dari penyebaran angket respon melalui Google Form. Hasil validitas berdasarkan penilaian validator menunjukkan keseluruhan media yang dikembangkan memiliki nilai-rata-rata persentase 93,88% dan 95,00% dengan kriteria valid. Hasil rata-rata uji N- Gain untuk kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis mengalami peningkatan sebesar 0,61 dan 0,66 dengan kategori sedang. Hasil efisiensi media pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari angket respon yang diberikan kepada peserta didik menunjukan nilai sebesar 86,01% dengan kriteria efisien. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran fisika berbasis Google Sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik valid, efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Google Sites, Penguasaan Konsep, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:21
Last Modified: 09 Sep 2022 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31616

Actions (login required)

View Item View Item