PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XC MA DAKWAH ISLAMIYAH PUTRI KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

ISLAMIYAH, BAIQ SUHAEBATUL (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XC MA DAKWAH ISLAMIYAH PUTRI KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi baiq suhaebatul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menganalisis dan sikap tanggung jawab siswa melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XC MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas XC MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri yang berjumlah 32 orang. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/observasi; dan (4) refleksi. Data pelaksanaan pembelajaran dan sikap tangggung jawab siswa dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan data kemampuan menganalisis dikumpulkan dengan menggunakan tes tulis. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai ≥85% dari 32 deskriptor. Sementara kemampuan menganalisis siswa mencapai ≥80% yang dapat mencapai skor di atas 75 dengan menggunakan soal uraian dari 32 siswa yang mencakup 5 indikator, dan sikap tanggung jawab siswa mencapai ≥80% dari 9 indikator. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai variabel tindakan siklus I, indikator kinerja variabel tindakan tercapai 26 deskriptor (79%) dari 32 deskriptor. Kemudian pada siklus II meningkat mencapai 32 deskriptor (100%). Jumlah ini telah mencapai indikator kinerja variabel tindakan yang ditetapkan sebesar ≥85%. Mengenai kemampuan mengnalisis siswa, pencapaian kategori kemampuan menganalisis pada siklus I sebanyak 23 siswa (72%) yang mampu mencapai skor di atas 75, siklus II sebanyak 28 siswa (86%) yang mampu mencapai skor di atas 75 dari 32 siswa. Sedangkan data sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran PKn melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa yang mencapai kategori bertangungg jawab pada siklus I sebanyak 21 siswa (66%) yang mampu mencapai 7 indikator atau lebih dari 9 indikator, siklus II sebanyak 29 siswa (97%) dari 32 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan menganalisis dan sikap tanggung jawab siswa kelas XC MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri pada mata pelajaran PKn tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Menganalisis, sikap tanggung jawab, PKn dan pembelajaran kooperatif tipe STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 25 Apr 2018 04:30
Last Modified: 25 Apr 2018 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3162

Actions (login required)

View Item View Item