PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR DAN PGPR (PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN SERAPAN ALUMUNIUM SORGUM MANIS (Sorghum bicolor L.) DI TANAH ULTISOL MERAUKE

ELIS SETIANI, PUTRI (2022) PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR DAN PGPR (PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN SERAPAN ALUMUNIUM SORGUM MANIS (Sorghum bicolor L.) DI TANAH ULTISOL MERAUKE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Elis Setiani Putri (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian biochar dan kombinasi pupuk hayati Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) terhadap pertumbuhan dan serapan Al oleh tanaman Sorgum. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental dengan percobaan menggunakan pot di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Percobaan ditata dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan, yaitu tanpa biochar + PGPR, biochar dosis 10 ton/ha,20 ml PGPR, 40 ml PGPR, biochar 10 ton/ha +PGPR 20 ml, biochar 10 ton/ha + PGPR 40 ml, dan biochar 10 ton/ha + PGPR 60 ml. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sehingga terdapat 21 unit percobaan. Parameter yang diukur adalah laju pertumbuhan tinggi tanaman, bobot brangkasan segar dan kering tanaman, serta jumlah serapan hara Al pada jaringan tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nyata dari pengaplikasian biochar dan PGPR pada dosis yang berbeda pada parameter laju pertumbuhan tinggi tanaman. Pengaplikasian biochar (10 ton/ha) + PGPR (60 ml) menjadi perlakuan dengan nilai tertinggi pada parameter bobot brangkasan segar (29,67 g) dan bobot brangkasan kering (18 g). Pengaplikasian PGPR 20 ml menjadi perlakuan terbaik dalam menurunkan jumlah serapan hara Al pada jaringan tanaman (4,2 x 10-2 g), dan berbeda nyata dengan perlakuan lainnya. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa kombinasi dari biochar dosis 10 ton/ha + PGPR 60 ml berpengaruh dalam hal meningkatkan bobot brangkasan segar dan kering tanaman, sementara pengaplikasian PGPR 20 ml dapat menurunkan nilai serapan Al oleh jaringan tanaman. Namun, perlakuan biochar dan PGPR belum mampu untuk meningkatkan laju pertumbuhan tinggi tanaman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:44
Last Modified: 09 Sep 2022 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31621

Actions (login required)

View Item View Item