MODEL VIDEO PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS IV

WANDA WAHYU, MELANI (2022) MODEL VIDEO PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS IV. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WANDA WAHYU MELANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan model video pembelajaran IPA pada kelas IV dan langkah- langkah penggunaan model video pembelajaran IPA. Media pendidikan digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran, 1) video pembelajaran cerita, 2) video pembelajaran berita, 3) video pembelajaran presentasi, 4) video pembelajaran dokumentar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya pada kelas IV di SDN 19 Cakranegara, didapatkan hasil bahwa guru di SDN 19 Cakranegara sudah menggunakan video pembelajaran saat menyampaikan materi pelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan diterapkan supaya membuat suasana belajar yang lebih aktif dan melatih siswa dalam memahami pelajarn IPA dengan baik serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, artinya disini sangat membantu dalam menyampaikan materi masalah praktif dan juga siswa cepat memahami pelajaran IPA. Kemudian langkah- langkah, 1) persiapan video pembelajaran, menyiapkan dan menyesuaikan materi yang akan disampaikan, 2) pelaksanaan media, pertama mengatur tempat duduk, dan menyampaikan materi, kemudian diperintahkan untuk mengerjakan tugas, 3) mengakhiri video pembelajaran dengan memberikan tugas sesuai dengan apa yang telah dipelajari pada saat itu. Dalam pembelajaran IPA di SDN 19 Cakranegara tidak setiap pertemuan menggunakan media tersebut, tergantung dari materi pelajaran. Siswa sangat aktif dalam mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung, jarena siswa sendiri tidak merasa jenuh karena hanya menggunakan buku sebagai media, selain itu siswa mendapatkan wawasan tambahan tentang materi pelajaran. Kegiatan belajar mengajar di SDN 19 Cakranegara didesain secara inovatif agar data mencapai tujuan yang diinginkan. Proses belajar mengajar tidak hanya dilakukan dengan menggunakan sistem klasikal tetapi sudah menerapkan belajar mandiri dan dapat memecahkan masalahnya sendiri dari berbagai masalah yang dihadapi dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Video Pembelajaran, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:55
Last Modified: 09 Sep 2022 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31631

Actions (login required)

View Item View Item