UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KETAPANG RAYA

ILA, ROSITA (2022) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KETAPANG RAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ILA ROSITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu rendahnya hasil belajar siswa dibawah rata-rata kelas atau dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta adanya gejala-gejala yang terlihat dalam proses belajar dikelas seperti siswa mengalami kesulitan konsentrasi, lambat dalam menerima materi pelajaran, jenuh dalam belajar serta adanya perilaku-perilaku yang menyimpang dari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan belajar siswa, faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Ketapang Raya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesulitan belajar siswa adalah rendahnya hasil belajar siswa dibawah rata-rata kelas atau dibawah KKM, siswa kesulitan dalam konsentrasi, siswa lambat dalam menerima materi pelajaran, siswa jenuh dalam belajar dan siswa memiliki perilaku-perilaku yang menyimpang. Adapun faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa berasal dari diri siswa dan faktor dari luar siswa itu sendiri baik dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun sosial. Sedangkan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah (1) memberikan pengajaran ulang (remedial) dan pengayaan untuk siswa yang hasil belajarnya dibawah rata-rata kelas atau dibawah KKM dan kesulitan siswa lambat dalam menerima materi pelajaran, (2) memberikan apersepsi/refleksi kepada siswa dengan melakukan yel-yel untuk mengembalikan kefokusan siswa dalam belajar pada kesulitan konsentrasi siswa, (3) menciptakan belajar yang menyenangkan dan melibatkan siswa secara aktif ketika belajar dikelas pada kesulitan jenuh dalam belajar, dan (4) melakukan Bimbingan Konseling (BK) kepada siswa yang memiliki perilaku-perilaku yang menyimpang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesulitan Belajar, Upaya Guru, Sekolah Dasar Negeri 3 Ketapang Raya
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:55
Last Modified: 09 Sep 2022 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31632

Actions (login required)

View Item View Item