Widya, Apriani (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN 3 KETAPANG RAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI WIDYA APRIANI (E1E217183).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman penting bagi penguasaan, peningkatan, dan pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman yang dialami oleh siswa kelas III SDN 3 Ketapang Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, penarikan/verifikasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat beberapa jenis kemampuan membaca pemahaman yang dialami siswa seperti tidak memahami teks yang dibaca, kemampuan membaca sangat rendah, kesulitan kosentrasi dalam belajar, kurang memperhatikan tanda baca, tidak bisa menjelaskan kembali teks yang dibaca dan yang terakhir kesulitan mengingat kembali teks yang dibaca. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian-penelitian sebelumnya yaitu penelitian sebelumnya hanya ingin mengetahui sejuah mana kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan teks cerita sedangkan dalam penelitian ini tidak hanya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam membaca pemahaman saja yang ingin diteliti tetapi juga jenis kemampuan membaca pemahaman apa saja yang dimiliki siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Analisis, Kemampuan Membaca, Pemahaman, Sekolah Dasar Negeri 3 Ketapang Raya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 02:55 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 02:55 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31633 |
Actions (login required)
View Item |