STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI OPAK - OPAK DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Mimi Atiatun, Rodiyah (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI OPAK - OPAK DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S-Mimi Atiatun Rodiyah_Strategi Pengembangan Usaha Agroindustri Opak-opak Di Kecamatan Lingsar Ka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kelayakan usaha agroindustri opak-opak di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat (2) Mengkaji faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha agroindustry opak-opak di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat (3) Menganalisis strategi pengembangan usaha agroindustri opak-opak di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengusaha agroindustri opak-opak ubi kayu yang ada di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penentuan daerah penelitian menggunakan Purposive Sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kelayakan usaha agroindustri opak-opak di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat didapatkan R/C ratio untuk pelaku usaha produksi opak-opak mentah sebesar 1,63 dan untuk pelaku usaha produksi opak-opak matang sebesar 1,07. Dari hasil yang didapatkan R/C ratio dari kedua pelaku usaha produksi ini dikatakan layak untuk dikembangkan karena R/C ratio > 1. (2) Adapun untuk faktor internal dan eksternalnya: Faktor internal yang menjadi kekuatannya adalah : Proses produksi mudah, tenaga kerja yang tersedia, keterampilan memproduksi tinggi, kebutuhan modal yang sedikit dan faktor internal yang menjadi kelemahannya adalah : Harga jual produk murah, kualitas bahan baku mudah rusak, daya tahan produk lemah, tidak memiliki izin usaha. Sedangkan untuk faktor eksternal yang menjadi peluangnya adalah: Pangsa pasar luas, teknologi informasi, merupakan makanan khas dan faktor eksternal yang menjadi ancamannya adalah : Fluktuasi harga bahan baku, pengaruh iklim dan cuaca, produk sangan mudah ditiru, perusahaan pesaing banyak. (3) Strategi pengembangan usaha agroindustri opak-opak adalah strategi agresif yaitu dengan meningkatkan volume produksi untuk memanfaatkan peluang pasar yang ada dan membuat produk dalam berbagai varian rasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agroindustri, Kelayakan Usaha, Strategi Pengembangan Usaha
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:52
Last Modified: 12 Sep 2022 04:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31668

Actions (login required)

View Item View Item