PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 38 MATARAM

Nurfitri, yani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 38 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURFITRIYANI CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berfikir kritis siswa yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada muatan pembelajaran matematika kelas IV SDN 38 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-eksperimental tipe desain Preetest- Postest One-Group Desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A SDN 38 Mataram dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik sampling menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel kelas IV-A SDN 38 Mataram. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes uraian yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan uji homogenitas yang memperoleh nilai Sig sebesar 0.221 menunjukkan data kelas VI-A homogen dan uji normalitas data memperoleh nilai Sig sebesar 0.120 yang menunjukkan bahwa data terdistribusi normal. Sedangkan uji hipotesis menggunakan rumus Paired sample t-test dengan memperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.000 hal ini lebih kecil dari nilai 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada muatan pembelajaran matematika kelas IV SDN 38 Mataram. Dengan demikian model pembelajaran problem based learning dapat diterapkan di siswa SD kelas IV untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, Kemamuan Berfikir Kritis, Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Sep 2022 11:22
Last Modified: 12 Sep 2022 11:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31692

Actions (login required)

View Item View Item