PENERAPAN MODEL INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PEMBELAJARAN PPKN DI SMPN 9 MATARAM MASA PANDEMI COVID 19

ERVIYANA, ZAHROYANI (2022) PENERAPAN MODEL INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PEMBELAJARAN PPKN DI SMPN 9 MATARAM MASA PANDEMI COVID 19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ERVIYANA ZAHROYANI (E1B116015).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, adalah untuk mendeskripsikan penerapan model inquiry dalam pembelajaran daring pada mata pembelajaran PPKn di SMP negeri 9 Mataram pada masa COVID-19 dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan pelaksanaan pembelajaran daring di SMPN 9 Mataram Pada masa COVID- 19 1. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara Semiterstruktur dan Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inquiry dalam pembelajaran daring pada mata pembelajaran PPKn di SMP negeri 9 Mataram pada masa COVID-19 dimana sudah terlaksana dengan cukup baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru dan peserta didik menggunakan Whatsapp, google classroom dan Zoom.Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring guru tetap melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, mempersiapkan bahan ajar berupa media pembelajaran dan mempersiapkan bahan ajar sebelum proses pembelajaran berlangsung. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan media berupa video, penggunaan media pembelajaran berupa video pembelajaran bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Startegi yang digunakan guru dalam pembelajaran daring berupa pemberian waktu untuk diskusi dan tanya jawab kepada peserta didik sebagai suatu cara untuk melakukan pendekatan sehigga peserta didik dapat berinteraki dengan baik. Selain itu metode yang digunakan guru yaitu disesuaikan dengan kharakteristik peserta didik, guru menggunakan metode ceramah karena dinilai lebih efektif untuk menjelaskan materi pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model inquiry dalam pembelajaran daring pada mata pembelajaran PPKn di SMP negeri 9 Mataram masa pandemi covid-19 antara lain kurangnya kemampuan menggunakan media oleh guru dan siswa serta kurangnya perlengkapan yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran daring dari siswa. Selain itu peran sekolah dalam memonitoring pelaksanan pembelajaran daring harus lebih ditingkatkan untuk menghindari terjadinya ketidakdisiplinan antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peenerapan, Pembelajaran Daring, Faktor Yang Mempengaruhi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:45
Last Modified: 14 Sep 2022 05:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31773

Actions (login required)

View Item View Item