PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

INTAN NUR, MAULIDA (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INTAN NUR MAULIDA E1Q018032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model discovery learning berbantuan media PhET terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan metode penelitian adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Aikmel Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan media PhET, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Intrumen soal penelitian yang digunakan sudah valid, reliabel, tingkat kesukaran soal mudah, dan memeiliki daya beda untuk ke 5 soalnya. Sebelum di berikan perlakuan kelas kontrol dan kelas eksperimen terbukti memiliki pengetahuan yang homogen, dan setelah di berikan perlakuan diperoleh data pemahaman konsep dengan t-test polled varians yaitu 7,736 lebih besar dari 2,007 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media PhET terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning, Media PhET, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:45
Last Modified: 14 Sep 2022 05:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31776

Actions (login required)

View Item View Item