KEANEKARAGAMAN GULMA BERDAUN LEBAR DAN PREDIKSI KEHILANGAN HASIL JAGUNG (Zea mays L.) AKIBAT KOMPETISINYA DI LAHAN KERING

Lalu Muhammad, Nazmi H. (2022) KEANEKARAGAMAN GULMA BERDAUN LEBAR DAN PREDIKSI KEHILANGAN HASIL JAGUNG (Zea mays L.) AKIBAT KOMPETISINYA DI LAHAN KERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
REVISI SKRIPSI_ Lalu Muhammad Nazmi H_C1M017065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kehadiran gulma pada areal pertanaman jagung dapat menurunkan hasil dan mutu biji. Penurunan hasil bergantung pada jenis gulma, kepadatan, dan lama persaingan yang disebabkan oleh gulma. Secara keseluruhan, kehilangan hasil yang disebabkan oleh gulma melebihi kehilangan hasil yang disebabkan oleh hama dan penyakit. Di lahan kering, jenis gulma yang tumbuh didominasi oleh jenisteki, rumput-rumputan dan berdaun lebar yang sangat sulit dikendalikan. Dominannya jenis gulma tersebut beragam, karena memiliki ruang penyebaran, agresifitas yang berbeda-beda antara kelompok teki, rumput-rumputan dan berdaun lebar. Pengaruh kehadiran gulma terhadap pertumbuhan tanaman melalui proses kompetisi yang kompleks dan panjang. Kehilangan hasil akibat kompetisi oleh jenis gulma tertentu sulit diperkirakan. Karena pengaruh tersebut tidak dapat segera dilihat langsung, perlu pengamatan yang teliti melalui proses pertumbuhan tanaman dan gulma secara bersama-sama. Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka, telah dilakukan penelitian yang tujuan utamanya untuk mengetahui spesies gulma berdaun lebar yang paling tinggi kemampuannya menghilangkan hasil tanaman jagung, sehingga dalam usaha pengendaliannya dapat ditentukan skala prioritas, suatu spesies gulma harus segera dikendalikan, atau spesies gulma tertentu tetap dibiarkan tumbuh bersama-sama dengan tanaman jagung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gulma, Pertanian, Jagung
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:46
Last Modified: 14 Sep 2022 05:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31780

Actions (login required)

View Item View Item