ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA KOPERASI WANITA KARTINI PRAYA DAN KOPERASI WANITA KIBLAT PRAYA PERIODE 2010-2014)

Okta, Viana and Hermanto, Hermanto and H. Burhanudin, H. Burhanudin ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA KOPERASI WANITA KARTINI PRAYA DAN KOPERASI WANITA KIBLAT PRAYA PERIODE 2010-2014). Distribusi. ISSN 0853-957X (P-ISSN) dan 2477-1767 (E-ISSN)

[img]
Preview
Text
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA KOPERASI...)_DISTRIBUSI Maret 2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Koperasi Wanita Kartini Praya dan Koperasi Wanita Kiblat Praya merupakan koperasi yang bergerak dalam bidang jasa simpan pinjam. Laporan keuangan masing-masing koperasi menunjukkan pluktuasi nilai neraca keuangan dari tahun ke tahun, untuk itu perlu dilakukan analsisi kinerja keuangan untuk melihat faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan ataupun penurunan kinerja keuangan kedua koperasi serta kemudian membandingkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis perbandingan kinerja keuangan Koperasi Wanita Karitni Praya dan Koperasi Wanita Kiblat Praya ditinjau dari Analisis Rasio, Trend dan Common Size. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif, metode pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analaisis yang digunakan adalah analisis Rasio, Trend dan Common Size. Prosedur analisis yang digunakan adalah dengan mencari rasio keuangan Koperasi Wanita Kartini Praya dan Koperasi Wanita Kiblat Praya kemudian dianalisis menggunakan analisis Rasio, Trend dan Common Size. Selanjutnya dilakukan perbandingan dari masing- masing metode analisis untuk melihat koperasi yang lebih baik dari masing-masing metode analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum Koperasi Wanita Kartini Praya dan Koperasi Wanita Kiblat Praya memiliki kinerja keuangan yang sama jika ditinjau dari Analisis Rasio, Trend dan Common Size. Saran yang dapat diberikan kepada masing-masing koperasi adalah dengan mengefisiensikan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat menekan biaya operasional yang ada

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Kinerja Keuangan, Analisis Rasio, Analisis Trend, Analisis Common Size
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Drs. H. Burhanudin M.Si
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:11
Last Modified: 20 Sep 2022 04:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31791

Actions (login required)

View Item View Item